0 item in the bag

No products in the cart.

Berikut ini 8 Mitos Tentang Jerawat Yang Perlu Kamu Tahu

8 Mitos Tentang Jerawat Yang Perlu Kamu Tahu – Untuk kamu yang sering sekali berjerawat, pasti juga sering banget browsing-browsing atau baca-baca artikel tentang jerawat. Nah, banyak sekali artikel tentang jerawat mulai dari tips mengatasi jerawat, hingga tips penyembuhannya.
Gak jarang juga, banyak beberapa hal yang mungkin sudah terlalu umum kita baca atau dengar tentang jerawat, meskipun sebenarnya tidak benar. Yup, banyak sekali mitos yang kita dapatkan dari internet maupun obrolan bersama kerabat dekat mengenai jerawat ini.

Apa saja sih? Berikut ini 8 mitos tentang jerawat yang perlu kamu tahu, agar tidak salah mengartikan ya…

 

1. Rajin mencuci muka agar bebas jerawat

Mitos-mitos tentang jerawat

Muka yang kotor, akan cenderung berjerawat. Terutama jika memiliki kulit berminyak. Mencuci muka adalah salah satu usaha untuk menjaga wajah tetap bersih dan menghilangkan minyak yang menumpuk. Namun, apakah kita harus sering cuci muka untuk menghilangkan jerawat?

Jerawat disebabkan oleh produksi minyak berlebih dan tersumbatnya pori-pori oleh debu dan kotoran. Yang kemudian menyebabkan peradangan. Kalau kita mencuci wajah, mengapajustru menyebabkan jerawat?

Sebenarnya yang menyebabkan jerawat adalah minyak yang diproduksi berlebih setelah mencuci wajah. Karena setelah mencuci wajah, menjadi kering bebas minyak. Dan kulit merespon tersebut dengan memproduksi minyak berlebih lagi untuk menjaga kelembaban kulit, karena kulit dianggap kering apabila tidak berminyak. Namun minyak berlebih inilah yang justru menjadi penyebab jerawat.

Selain itu, faktor sabun yang digunakan. Untuk wajah berminyak gunakan sabun yang ringan dan tidak mengangkat seluruh minyak. Agar kulit tidak meresponnya sebagai kulit yang kering dan memproduksi minyak yang lebih banyak lagi.

 

2. Pasta gigi dapat meredakan peradangan

Mitos-mitos tentang jerawat

Banyak sekali yang menggunakan pasta gigi untuk meredakan jerawat. Hal ini tidaklah bisa dibenarkan. Meskipun dapat sedikit mengeringkan jerawat, namun bahan dan kandungan lain pada pasata gigi justru dapat mengiritasi jerawat. Oleh karena itu jangan gunakan pasta gigi untuk meredakan peradangannya jika sudah membenjol.

 

3. Jerawat akan hilang sendiri setelah dewasa

Mitos-mitos tentang jerawat

Jerawat disebabkan oleh kotoran yang menyumbat pori-pori. Jadi tidak ada hubungannya dengan usia. Jerawat tetap bisa muncul kapan saja meskipun sudah tua sekalipun. Hanya saja hormon orang dewasa tidak seaktif saat masa pubertas, sehingga jerawat yang muncul juga tidak banyak seperti anak remaja.

 

4. Saat berjerawat tidak boleh menggunakan make up

Mitos-mitos tentang jerawat

Boleh kok, banyak sekali kosmetik yang dikhususkan untuk wajah berjerawat. Gunakan kosmetik yang memiliki keterangan non-acnegenic atau non-comedogenic pada kemasannya. Namun, di malam hari sebelum tidur anda tetap harus mencuci wajah dengan bersih untuk menghindari kosmetik menumpuk pada pori-pori dan menyebabkan penyumbatan.

 

5. Memencet jerawat keluar agar peradangannya cepat mereda

Mitos-mitos tentang jerawat

Memang benar, peradangan jerawat akan mereda apabila isinya telah dikeluarkan. Karena isi peradangan merupakan sampah yang bercampur dengan bakteri penyebab jerawat. Namun, dengan memencetnya belum tentu bisa meredakan peradangan. Bahkan, bahteri di dalamnya bisa meleber ke luar dan memperluas area yang terinfeksi bakteri. Bahkan, akan meninggalkan bekas noda hitam pada area yang berjerawat.

 

6. Menggunakan sunscreen atau tabir surya dapat memperparah jerawat

Mitos-mitos tentang jerawat

Jenis kulit tiap orang berbeda-beda. Ada yang mudah berminyak, ada pula yang kering. Dengan begitu penangannya juga berbeda. Termasuk penggunaan sunscreen. Apakah aman digunakan? Tentu saja aman. Sunscreen pun juga ada jenisnya yang khusus untuk wajah berjerawat atau berminyak.

 

7. Jerawat muncul disebabkan oleh kulit yang kotor

Mitos-mitos tentang jerawat

Belum tentu. Jerawat pun bisa disebabkan oleh ketidak seimbangan hormon dan keturunan. Pasti pernah mengalami, ada seseorang yang rajin merawat wajah namun tetap berjerawat, sedangkan orang lain yang tidak pernah merawat wajah namun tidak pernah berjerawat. Seperti itulah contohnya.

 

8. Menggunakan obat jerawat terus menerus agar jerawat cepat hilang

Mitos-mitos tentang jerawat

Hal ini salah besar. Menggunakan obat jerawat terus menerus dapat membuat kulit kering dan mudah iritasi. Untuk penggunaan rutin cukup menggunakan krim malam hari yang dikhususkan untuk kulit berjerawat dan berbahan ringan. Kulit yang terlampau kering akan lebih mudah bersentuhan langsung dengan debu dan polusi yang ada, sehingga iritasi lebih mudah terjadi.

Itulah tadi 8 Mitos yang sudah umum diyakini oleh banyak orang sebagai penyebab jerawat.
Untuk mengatasi jerawat yang terlanjur membandel, gunakan You Need Me Acne Care Gel, untuk meredakan peradangan akibat jerawat dan melawan bakteri penyebab jerawat.

you need me acne care gel menghilangkan bopeng bekas jerawat cepat

Dengan begitu, jerawat segera mengering dan mereda peradangannya. Serta membantu mempercepat regenerasi kulit pada bagian jerawat. Sehingga bekas jerawatnya lebih cepat menghilang.