0 item in the bag

No products in the cart.

Bolehkah Kita Memencet Jerawat Apabila Meradang?

“Jangan memencet jerawat, nanti makin banyak!” begitulah kira-kira yang sering kita dengar. Nasehat yang sudah sangat umum kita dengar saat berjerawat. Katanya jerawat tidak boleh dipencet. Takutnya jerawat makin banyak. Kok bisa?

Jerawat tidak boleh dipencet, namun kita saat kita sedang melakuakn treatment wajah (seperti facial, dermabrasi, dll) tentu hal yang dilakukan pertama adalah mengeluarkan semua komedo pada wajah dengan cara dipenjet. Selain itu tentu kita memiliki beberapa jerawat pada jerawat.

Nah, sebenarnya, jerawat itu boleh tidak sih untuk dipencet? Jerawat boleh dipencet namun harus dilakukan oleh yang ahli seperti dokter ataupun terapis. Kita dilarang memencet jerawat dikhawatirkan jerawat semakin meradang karena terinfeksi oleh bakteri yang berasal dari tangan dan jemari kita di mana kondisinya tidak higienis.

Tangan dan jemari kita merupakan sumber kuman dan bakteri. Meskipun rajin cuci tangan sekalipun. Karena mikroorganisme tidak terlihat langsung oleh mata, bukan berarti mereka tidak ada. Jika kuman dan bakteri ini sampai masuk ke dalam luka jerawat yang sedang meradang, akan menyebabkan infeksi dan membuat jerawat semakin parah.

Sayangnya, jerawat yang sedang meradang, tidak akan bisa mengempis selama isinya belum dikeluarkan. Tentu kalian tau, pada jerawat biasanya ada cairan/nanah putih, terkadang sedikit kental. Jika tidak dibuang/dikeluarkan, peradangan jerawat juga tidak akan pernah mereda.

Jika jerawat dipencet, cairan tersebut keluar dan peradangan bisa segera mereda. Namun, tangan kita tentu akan terkena cairan tersebut dan tanpa sadar kita menyentuh bagian wajah yang lain. Di mana cairan tersebut memiliki banyak bakteri penyebab jerawat. Dari sanalah bekteri menyebar sehingga dapat memunculkan jerawat lain di bagian lain.

Sedikitpun cairan yang meleber keluar, itu juga membantu penyebaran bakteri ke sekitar jerawat asalnya dengan mudah. Sehingga membentuk infeksi dan peradangan baru di sekitarnya. Hal inilah yang menyebabkan peradangan semakin besar dan melebar.

Hal inilah yang sebenarnya dikhawatirkan jika kita memencet jerawat, karena dikhawatirkan jerawat semakin mudah menyebar.

Tidak hanya itu loh, jerawat yang dipencet, akan menyebabkan bekas kehitaman. Dan semakin menghitam saat mengering. Meninggalkan noda pada permukaan wajah. Seperti yang kita tahu, bekas jerawat lebih susah dihilangkan daripada jerawatnya sendiri.

Jika terpaksa harus mengeluarkan isi jerawatnya, karena isinya sudah menumpuk dan membuat tidak nyaman, kamu dapat menggunakan jarum yang steril. Cuci jarum dengan bersih, juga rendam menggunakan air panas. Kemudian tusukkan pada permukaan jerawat secara horizonal.

cara memencet jerawat

 

Mangapa? Agar yang tertusuk jarum hanyalah bagian kulit terluar yang memang telah rusak saja. Sehingga tidak merusak jaringan kulit terdalam. Dengan begitu, isi jerawat dapat dikeluarkan, dan tidak merusak lapisan kulit lainnya.

Karena jika kita asal-asalan menusukkan jarumnya, akan menimbulkan luka pada banyak lapisan kulit, menimbulkan bekas hitam yang dalam dan lebih susah untuk dihilangkan bekasnya.

Setelah mengeluarkan isi jerawat, jangan lupa segera mencuci muka hingga merata. Basahi wajah menggunakan air hangat terlebih dahulu, lalu gunakan sabun wajah yang dikhususkan untuk wajah berjerawat. Untuk bilasan terakhir, gunakan air yang dingin agar membantu menyejukkan dan menutup pori-pori lebih cepat.

Setelah selesai, oleskan You Need Me Acne Care Gel pada bagian yang berjerawat, untuk membunuh sisa-sisa bakteri yang ada. Serta mengempiskan peradangan jerawat lebih cepat. Sehinga dalam waktu 1 hingga 2 hari saja, jerawat tersebut telah mengering dan tidak lagi terasa nyeri.

Setelah kering, cukup oleskan You Need Me Acne Care Gel secara rutin untuk mempercepat regenerasi kulit agar noda bekas jerawat tersebut juga cepat hilang. You Need Me Acne Care Gel tidak hanya membunuh bakteri penyebab jerawat. Juga mempercepat regenerasi penyembuhan kulit yang pernah berjerawat.

Apakah efektif jika langusng mengoleskan obat jerawat pada bagian yang masih meradang dan berisi nanah? Sebenarnya kurang efektif. Karena nanah tersebut penuh dengan bakteri jerawat. Makanya perlu dikeluarkan terlebih dahulu, agar obat jerawat yang dioles dapat langsung menuju bagian kulit yang meradang, bukannya berhenti dan bercampur dengan nanah tersebut.